BAZAR TANI DI OUTLET SPP-SPMA SAMARINDA

By Pandurata 14 Nov 2016, 00:00:00 WIB Berita
BAZAR TANI DI OUTLET SPP-SPMA SAMARINDA

Salah satu upaya pembelajaran di SMK-SPP Samarinda lewat Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur dibangunlah gedung tempat para siswa dan guru untuk melakukan kegiatan promosi dan jual beli produk pertanian secara luas yang juga sekaligus sebagai rangkain pembelajaran agribisnis di sekolah.

Adapun produk yang diperjual belikan harus terseleksi dengan baik dan higienis/sehat serta ramah lingkungan. Semua produk yang akan dijual selalu dikemas dengan rapi dan bersih.

Gubernur Kalimantan Timur, H. Aw.Faroek Ishak dalam sambutannya saat persemian pemkaian outle agribisnis UPTD-SPP Samarinda, “beliau berharap outlet ini selain median pembelajaran dan agribisnis tidak hanya memasarkan produk-produk pertanian saja tetapi juga harus ada produk dari bidang perkebunan, perikanan, dan peternakan juga, jadi tidak melulu hanya produk pertanian saja”.

Dilain hal juga beliau berharap, SMK-SPP Samarinda adalah wadah mencetak sumberdaya pertanian muda Kalimantan Timur yang nantinya mambawa tongkat estapet pertanian Kalimantan Timur di masa depan yang tangguh berjiwa enterpreneur dan berwawasan global.

 

Menanggapi sambutan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur (Dr.Ir.H.Ibrahim,MP), Outlet Agribisnis ini selain sebagai media pembelajaran untuk pemasaran produk pertanian juga sebagai media informasi dan pembelajaran tentang usaha pertanian yang sifatnya melayani permintaan masyarakat secara luas dalam bentuk konsultasi pertanian. Outlet Agribisnis ini dibuka setia hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Selain itu juga di outlet menyediakan bibit-bibit tanaman sayuran (buah dan daun) hias, buah-buahan, jamur tiram, minuman segar olahan siswa dan kuliner sehat.

 

Kemudian beliau sekaligus mencanangkan agar setiap Minggu Pagi di depan outlet dibukan Bazar Tani dengan ketentuan semua produk pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan yang diperjual belikan harus bersih, sehat, dan terjamin kualitasnya serta terkemas yang rapi.

 

 

Di minggu pertaman setelah peresmian di depan outlet digelar bazar tani yang diikuti oleh Kelompok Tani dan Wanita Tani yang ada di Kecamatan Samarinda Utara, para siswa-siswi SMK-SPP Negeri Samarinda dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SPP-SPMA Samarinda serta. Bazar ini dibuka dari pukul 06.00 hingga 12.00 untuk setiap minggunya.

 

 

Lewat media elektornik dan koran masyarakat kota Samarinda merasa penasaran dan akhirnya mereka berkunjung langsung ke Outlet Agribisnis UPTD-SPP Samarinda. Mereka datang akhirnya bukan hanya sekedar membuktikan kepenasarannya tetapi akhirnya juga mereka berwisata dan berbelanja. 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment