KEPALA DINAS PERTANIAN MELEPAS

By Pandurata 01 Agu 2015, 00:00:00 WIB Berita
KEPALA DINAS PERTANIAN MELEPAS

Prakti Kerja Usaha (PKU) SMK-SPP Negeri Samarinda Tahun 2015 diresmi dan dilepas oleh Bapak H. Ibrahim, MP (Kadis Pertanian Tanaman Pangan Prov. Kaltim) dengan tujuan lokasi praktik di Kebun Benih Hortikultura, Pendem, Kab. Karang Ayar, Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan, Kab. Bantul, dan Balai Penelitian Karet, Getas, Kab. Salatiga.

Kegiatan PKU ini diselenggarakan selama 90 hari di lapangan yang diikuti 102 orang siswa kelas XII dengan masing-masing Program Keahlian Hortikultura dan Tanaman Pangan sebanyak 33 orang, dan Program Keahlian Perkebunan sebanyak 67 orang. Dalam pelaksanaannya di lapangan para peserta dibagi dalam bentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 5-6 orang siswa. Selama seminggu kegiatan mereka diwajibkan menyampaikan laporan tertulis atas apa saja yang telah dilakukan kepada pihak Pembimbing Inter, dan nantinya diakhir kegiatan PKU mereka juga membuat laporan pertanggung jawabannya dalam bentuk buku laporan.

Selama di lokasi kegiatan mereka akan dibimbing oleh Pembimbing Ekstern yang telah ditunjuk dan tetapkan oleh pihak Dinas Pertanian Kabupaten dan Balai (Benih dan Penelitian Karet) di tempat yang menjadi lokasi kegiatan PKU siswa. Selama proses praktik lapangan para Pembimbing Ekstren selain membimbing, mengajari sesuai materi yang diharapkan pihak sekolah, juga memberikan penilai sesuai hasil yang dicapai para peserta praktikan. Hasil penilaian tersebut disampaikan kepada pihak sekolah melalui Pembiming Intern.

Kegiatan PKU tersebut secara umum materinya meliputi ; Kerja Pengalaman, yang maksudnya mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan erat dengan budidaya dan penangananya, sarana produksi, pascapanen, dan pemasarannya. Kegiatan kerja pengalaman ini di bagi 2 (dua) macam, yaitu utama dan pilihan yang kedua-duanya harus dilaksanakan. Kemudian kegiatan IPM (integrasi dan partisifasi dalam masyarakat), yang maksudnya selama peserta PKU di lokasi kegiatan mereka harus bersosialisasi dan terlibat aktif dengan kegiatan lingkungan dimana mereka di tempatkan selama praktik.

“Selama melaksanakan tugas PKU, jagalah nama baik sekolah dan provinsi”, demikian kata Pak H. Ibrahim. Jaga sikap, sopan santun, karena kalian ke Jawa Tengah ini bukan untuk jalan-jalan tetapi melaksanakan tugas pembelajar di semester ganjil ini, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada jadwal libur dari Pembinging Ekstren kalin bisa jalan-jalan dan itupun harus sepengetahuan mereka.

Nah, anak-anak ku “selamat jalan dan selamat ber-PKU, carilan ilmu sebanyak-banyknya dan terapkanlan selesainnya nanti terapkanlan ilmu yang didapat di daerah masing-masing. Selain pribadi masing-masing, kalian ke sana juga membawa nama provinsi kita, demikian harap beliau.

“Jangan lupa tata tertib sekolah tetap berlaku di lokasi PKU”, tegas Ibu Ir. Marfiatun, M.Si (Ka.UPTD-SPP Negeri Samarinda). Jadi ke Jawa Tengah ini bukan untuk main-main tetapi pidah belajar yang sebagai gurunya adalah para Pembimbing Ekstren. Jika ada yang melanggar peraturan maka pihak sekolah akan menarik yang bersangkutan dari lokasi PKU dan diistirahatkan, maka otomatis yang bersangkutan dinyatakan tidak naik kelas/lulus, demikian tegas beliau.

SELAMAT BER-PKU ANAK-ANAK KU, SEMOGA KALIAN SUKSES SEMUA….!!!!




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment