PENANAMAN MANGROVE DI DELTA MAHAKAM

By Pandurata 01 Nov 2016, 00:00:00 WIB Berita
PENANAMAN MANGROVE DI DELTA MAHAKAM

Salah satu upaya dalam pelestarian mangrove Rhizophora mucronata di delta Sungai Maham yang sekaligus mempertahankan kehidupan habitat yang ada di delta Sungan Mahakan Kalimantan Timur, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SPP-SPMA Samarinda melakukan penanaman kembali untuk beberapa titik lokasi yang berada di Desa Muara Pantuan Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara.
Kegiatan ini dilakukan dengan harapan agar nantinya masyarakat di desa Muara Pantuan dapat mengikutinya kelak untuk bersama-sama menjaga kestabilan delta Maham yang juga sekaligus menjaga ekosistem beserta habitanya.
Banyak maaf yang telah dirasakan dengan terpeliharaanya hutan mangrive, maka bersama ini juga IKA SPP-SPMA Samarinda bersama siswa SMK-SPP Negeri Samarinda dan Kelompok tani nelayan di Desa Pantuan melakukan penanaman mangrove di lokasi Desa Muara Pantuan Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara.

Adapun pola tanam yang dilakukan dengan sistem rumpun atau kelompok dengan jarak antar tanaman 4x4 meter dengan jumlah tanaman 9 pohon, kemudian jarak antar rumpun masing-masing 20 meter. Pola ini dilakukan dengan harapan bisa agar nantinya bisa membuat pulau pulau kecil pada delta maham dan sekaligus menghindari penyulaman tanaman karena ada yang mati atau terkikis dan larut akibat hempasan ombak serta arus air.

Sehari sebelum penanam, rombongan melakukan perjalanan dari SMK-SPP Negeri Samarinda ke Desa Anggana dengan menggunakan sarana transportasi darat selama kurang lebih satu setengah jam, kemudian perjalan dilanjutkan dari Desa Anggana ke Desa Muara Pantuan menggunakan perahu kapal sebanyak dua buah.

 

 

Selama hampir dua jam perjalan air, akhirnya sampailah rombongan ke Desa Muara Pantuan serta istirahat sejenak dan sekaligus memlengkapi perbekalan untuk bermalam di lokasi yang akan ditanamin tanaman mangrove nantinya. Sungguh perjalanan yang luar biasa dan sangat menyenangkan.

 

 

Setelah dianggap cukup, maka perjalanan dilanjukan menuju lokasi tempat bermalam

 

 

 



Setibanya rombongan di lokasi tujuan, setelah istirahat dianggap cukup, maka rombongan membagi beberapa kelompok kerja untuk mempersiapan rencana penanaman esok harinya.

 

Disela-sela kesibukan anggota rombongan sebagian peserta menyempatkan diri untuk menikmati suasana lingkungan. Selain menangkan udang ada yang mencari kepiting bakau bersama nelayan setempat.

 

 

Dan ada juga yang mencari ikan

 

 

 

 

 

Di pagi hari yang cerah di Desa Muara Pantuan, rombongan yang teridiri dari IKA SPP-SPMA Samarinda dan Siswa SMK-SPP Negeri Samarinda secara serentak dan bersama nelayan dan kontak tani setempat melakukan penanam bakau (Rhizophora mucronata) di areal seluas + 15 Ha.

 

Setelah melakukan penanaman mangruve di delata mahakan ini rombongan berharap kedepannya para petani nelayan dan masyarakat setempat dapat meneruskan usah ini demi kelestarian lingkungan dan mempertahankan kehidupan dari lingkungan kedepannya untuk generasi mendatang.

 

 

“Mari kita tanam satu pohon untuk selamatkan satu kehidupan” 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment