SAYURAN HIDROPONIK SMK-SPP SAMARINDA

By Pandurata 08 Nov 2016, 00:00:00 WIB Berita
SAYURAN HIDROPONIK SMK-SPP SAMARINDA

Lagi-lagi SMK-SPP Samarinda kedatangan anak-anak sekolah dari Madrasah Tsanawiyah Darusalam dan TK dari Kelurahan Temindung Samarinda Utara yang masing-masing 40 siswa dan 30 siswa.
Alasan mereka berkunjung adalah untuk meliat dan belajar langsung teknik budidaya tanaman sayuran daun secara hidroponik, terutama guru-gurunya yang mendampingi kunjungan tersebut.
Dengan semangat dan antusiasnya mereka mengikuti tahap demi tahap penjelasan sistem budidayanya dan sekaligus mempraktikkannya di lokasi kunjungan.
Safriadi, SP guru SMK-SPP Samarinda yang menangani tanaman hidroponik tersebut, walaupun lelah menghadapi banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para siswa yang berkunjung, lebih-lebih juga guru-guru pendamping dari mereka tetapi dia merasa senang, sebab apa yang dilakukannya selama ini ternyata membuahkan hasil serta dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas dan khususnya pada dunia pendidikan dan pembelajaran.

Untuk sementara ini tanaman hidroponik yang dapat dilakukan oleh Safri hanya tanaman sawi, selada, dan kangkung. “Katanya.......”, saat ini belum bisa fokus melakukan budidaya sayuran sistem hidroponik, sebab tugas utamanya keseharian membimbing praktik serta mengajarkan mata pelajaran Bubidaya Tanaman Hortikultura untuk tingkat I dan II di SMK-SPP Samarinda.
Di akhir kunjungan para siswa dan gurunya masing-masing membawa tanaman sawi manis dan selada pulang ke rumahnya.

Sehari sesudah kunjungan tersebut, datang pula Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur dan rombongan menegok tanaman hidroponik tersebut. Kunjungan tersebut juga mengajak Ketua KTNA Kalimantan Timur. Kepala Dinas Pertanian Dr. Ir. H. Ibrahim, MP., mengharapkan agar kegiatan budidaya sistem hidroponik ini bisa terus menerus dan lebih besar lagi untuk sekala usahanya. Belia juga berharap setiap hari bisa melayani permitaan masyarakat terhadap kebutuhan sayuran segar yang sehat dan ramah lingkungan.

Disaat kunjungan tersebut beliau meminta TVRI Kalimantan Timur untuk menayangkan kegiatan ini agar masyarakat Samarinda khususnya dan Kalimantan Timur umumnya mengetahui bahwa sayuran sehat yang ramah lingkungan saat sekarang perlu dikonsumsi untuk mengurangi dan sekaligus menghidari dalam mengkonsumsi sayuran yang tidak sehat.
Harapan ke depannya agar masyarakat Kalimantan Timur nantinya bisa dapat beralih dalam mengkonsumsi tanaman sayuran yang sehat dan ramah lingkungan yang bebas dari tanaman sayuran yang kurang sehat.

“MAKANAN SEHAT hidup pun SEHAT”



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment