DAWET LIDAH BUAYA PILIHAN PENGUNJUNG

Tanggal : 03 July 2019, Kategori : Berita 7x


Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015, Dinas Pendidikan Kota Samarinda menyelenggarakan kegiatan pameran selama 3 (tiga) hari bertururt-turut yang berlokasi di halaman Gelangan Olahraga Segiri Samarinda. Adapun pesertanya diikuti oleh beberapa Sekolah Menegah Kejuruan  yang berada di Kota Samarinda. Masing-masing SMK menampilkan/memperagakan prodak unggulunannya.

SMK-SPP Negeri Samarinda dalam kesempatannya menampilkan hasil karya para siswa, baik yang berupa produk pertanian, perkebunan, peternakan, dan hortikultura juga menampilkan produk hasil pemanpaatan/pengolah limbah perkebunan dan industri lainnya yang diolah dalam bentuk sovenir. Salah satu contohnya seperti, pas bungan, hiasan meja tamu, tempat kotak pensil/pulpen, hiasan dalam lemari kaca, dan lainnya, semuanya terbuat dari tempurung kelapa. Sedangkan dari limbah lainnya di buat tempat tissu, tutup galon air minum, dan lain sebagainnya.

Hal ini sengaja dilakukan agar para lulusan SMK-SPP Negeri Samarinda nantinya mempunyai bekal hidup mandiri di masyarakat nantinya.

Secara khusus untuk produk pertaniannya SMK-SPP Negeri Samarinda menampilkan tanaman sayuran dan buah yang dibudidayakan secara budidayan ramah lingkungan. Artinya para siswa sudah belajar meninggalkan bahan-bahan kimia untuk tanaman dan itu mereka terapkan semenjak di kelas X.

Pada pameran ini para siswa menampilkan produk olahan lidah buaya (ale vera) dalam bentuk dawetnya. Penyajiannya secara langsung sesuai dengan permintaan pengunjung dengan harga @ Rp 5.000,00 per gelas. Selama kegiatan pameran tersebut pengunjung tak henti-hentinya memesan dawet tersebut dan sampai-sampai petugas yang jaga setand merasa kewalahan melayani permintaan.

Sepertinya selama kegiatan pameran itu dawet lidah buaya merupakan produk yang digemari oleh pengunjung, karena produk tersebut dikemas dalam bentuk minuman segar dan pula suasananya mendukung untuk menjual minuman segar yang ramah lingkungan.

SMK-SPP Negeri Samarinda siap memproduksi minuman segar yang ramah lingkungan seperti lidah buaya dan rosella. Disisi lain juga manfaat dari kedua tanamanan tersebut sangatlah besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

 


Artikel Terbaru