GELAR INOVASI TEKNOLOGI SISWA

Tanggal : 04 July 2019, Kategori : Berita 178x


Gelar Inovasi Teknologi (GIT) Siswa Sekolah Pertanian Pembangunan Tingkat Nasional yang diselenggarakan pihak Kementerian Pertanian dengan lokasi kegiatan pada SMK-PP Sembawa, Desa Lalang Kecamatan Sembawa, Banyuasin. Peenyelenggaraan GIT dimulai tanggal 15 hinggan 21 Oktober 2015. Adapun keserta kegiatan kurang lebih 1.357 orang siswa-siswa SMK-PP seluruh Indonesia yang juga termasuk SMK-SPP Negeri Samarinda dengan mengirimkan 20 orang siswa-siswi terbaiknya.

Kegiatan GIT tersebut merupakan ajang gelar kemampuan dan keterampilan serta berinovasi bagi siswa-siswi SMK-Sekolah Pertanian Pembangunan seruluh Indonesia dalam teknologi pertanian. Rangkaian gelar kegiatan tersebut dijadikan dalam bentuk lomba-lomba keterampilan pertanian.

Pada kesempatannya SMK-SPP Negeri Samarinda mencoba untuk berkompetisi dalam beberapa mata lomba, antara lain : Lomba Majah Dinding, Lomba ALSINTAN, Lomba bidang tanaman perkebunan, Lomba bidang tanaman hortikultura, Lomba Bahasa Inggris Pertanian, Lomba Agribisnis Wirausaha, dan Pameran.

Dalam kesempatan gelar promosi teknologi para siswa yang terpilih mewakili Kalimantan Timur di stand pameran menampilkan system budidaya sayura hidroponik vertikultur yang biaya pembuatannya terjangkau oleh kalangan ke bawah. Sistem ini sengaja diangkat dengan harapan bahwa bertanam sayur bukan hanya bias di tanah saja, tetapi bias di terapan seperti di teras rumah, di tembok atau diding rumah. Dan hal tersebut justru menambah atau menjid nilai seni dari sebuah tampiln ruham selain untamanya sebagai memenuhi kebutuhan bahan dapur.

Salah satu dari siswa anggota kontingen,kami siap bantu siapa saja yang menginginkan untuk melakukan pertanian hidroponik, demikian katanya dan sementara yang lainnya berterian.


Artikel Terbaru