JAMBORE VARIETAS HORTIKULTURA By Pandurata

Tanggal : 04 July 2019, Kategori : Berita 88x


Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur melalui UPTD Balai Benih Hortikultura menyelenggarakan jambore varietas hortikulturan pada tanggal 1 hingga 4 Oktober 2015 yang berlokasi di lahan Agrowisata BBI Hortikultura KM.40 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Kegiatan jambore tersebut palaksanaannya diresmikan oleh H.M. Mukmin Faisyal Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur dan beliu juga mengharapkan lokasi tersebut akhirnya menjadi kawasan wisata agro yang memperkenalkan dan sekaligus sebagai kawasan pembelajaran bagi masyarakat petani maupun masyarakat umum lainnya.
Pelaksanaan jambore itu pula didukung oleh PT. Agri Makmur Pertiwi, PT. Benih Citra Asia, dan PT. Tunas Agro Persada dimana ketiga perusahaan tersebut yang merupakan produsen benih hortikultura. Masing-masing membuat demplot yang saat peresmian jambore tersebut sudah bisa dipanen.
SMK-SPP Negeri Samarinda dalam kesempatan tersebut ikut membuka display yang menampilkan hasil-hasil olahan tanaman hortikultura.
Yang tidak kelah menariknya bagi pengunjung jambore SMK-SPP Negeri Samarinda memperagakan tanaman vertikultur sistem hidroponik dengan menggunakan pupuk cair yang diolah oleh siswa-siswi.  Banyak pengunjung yang menanyakan sistem penggunaannya dan bahan untuk nutrisi tanamannya.
Jambore tersebut merupakan ajang tukar informasi dan teknologi serta inovasi dalan perlakuan terhadap tanaman hortikultura yang dampaknya terhadap pembelajaran bagi siswa-siswi SMK-SPP Negeri Samarinda merupakan motivasi untuk kedepannya.


Artikel Terbaru