KUNJUNGAN DKD KWARDA KALTIM

Tanggal : 03 July 2019, Kategori : Berita 157x


Tanaman Rosella yang memiliki nama ilmiah Hisbiscus sabdariffa L merupakan tanaman bunga berasal dariIndia, namun ada juga yang mengatakan bahwa rosella berasal dari Afrika Barat. Walau bagaimana pun juga tanaman rosella sudah diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abad yang lalu. Di wilayah India Barat, bunga ini dikenal dengan nama Jamaican Sorrel. Pohon bunga rosella dapat tumbuh hinggamencapai 3-5 meter serta berbunga hampir sepanjang tahun.

 

Bunga rosella berwarna cerah, namun kelopak bunganya berwarna merah gelap dan tebal. Bagian yang biasanya diolah adalah bagian kelopak bunga rosella yang memiliki rasa asam. Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi,Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol. Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A,protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.
Tanaman ini mengandung antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks, glikosida cardiac, flavonoid, saponin,
 alkaloid, sardenoleda, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside, Rosella kering mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine. Pigmen utama yang sebelumnya dilaporkan sebagai hibiscin telah diidentifikasi sebagai daphniphylline. Sejumlah kecil myrtillin (delphinidin 3-monoglucoside), Chrysanthenin (cyanidin 3-monoglucoside), dan delphinidin juga terdapat pada tanaman ini.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur memberikan kesempatan kepada Anggota Pramuka Penegak dan Pandega untuk mempelajari cara budidaya, panen, dan pascapanennya sebagai pembukan wawasan generasi muda dalam mengisi kegiatan industri rumahan. Tujuan dari penyelenggaraan pelatihan tersebut diharapkan agar generasi muda dapat membukan lapangan usaha sendiri dan tidak hanya mengharapkan selalu mencari pekerjaan dengan membawa surat lamaran kerja kesana-kemari atau ketergantungan dengan orang lain.

Kegiatan yang dilaksanan di SMK-SPP Negeri Samarinda yang dilakukan selama satu hari yang dibimbing instruktur yang ditunjuk pihak sekolah, yaitu Kamilah, SP., Rika Altin P., S.Si., dan Asrullah, S.Pd. dengan semangat memberikan materi pelatihan dalam bentuk teori dan dilanjutkan dengan praktik. 40 orang peserta pelatihan yang diutus dengan semangat yang ceria mengikuti tahap demi tahapan materi yang diberikan sehingga waktu yang diberikan oleh pihak Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, rasanya masih kurang cukup karena paserta pelatihan selalu banyak bertanya dan keinginan tau mereka sangat besar. 

Sebagai pengakhiran dari materi pelatihannya adalah penanganan pascapanen yang dilaksanakan di laboratorium pascapanen SMK-SPP Negeri Samarinda. 

Bukan hanya manfaat dari tanaman rosella tetapi dari hitungan analisis usahanya juga dapat menjanjikan peluang usaha untuk dikemudian hari.

Nah….. selamat mencoba juga melakukannya dikemudian hari kepada Adik-Adik Penegak Pandega Peserta Pelatihan Kewirausahaan yang dilaksanakan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim.


Artikel Terbaru