Mentan Diwisuda Menjadi Doktor

Tanggal : 02 July 2019, Kategori : Berita 36x


BOGOR -- Mentan Suswono resmi menyandang gelar Doktor Manajemen Bisnis IPB. Mentan merupakan salah satu dari 49 doktor baru yang dikukuhkan Rektor Prof Dr Herry Suhardiyanto M.Sc. melalui upacara wisuda alumni baru IPB di Graha Wisuda IPB Darmaga, Bogor, Rabu (1/12). Pada kesempatan itu, Rektor IPB juga melantik 161 magister dan 590 sarjana baru dari berbagai disiplin ilmu.

 

Kepada wartawan, Mentan mengungkapkan rasa syukurnya. ‘’Alhamdulillah, studi doktoral yang saya tekuni sejak masih anggota dewan bisa rampung pada waktunya.’’ Mentan mengaku sengaja mengambil program doktor untuk membekali diri dengan ilmu yang selengkap-lengkapnya dan mendarmabhaktikannya secara total untuk pembangunan pertanian di Indonesia.

 

Ditanya tetang motivasinya mengambil program doktor, Suswono menjelaskan bahwa dalam segala hal, dirinya ingin optimal dan total. ‘’Tidak mau setengah-setengah. Begitu juga dalam studi. Sedapat mungkin saya berusaha meraihnya sampai strata tertinggi.’’ Pendidikan yang baik, menurutnya, modal dasar yang memungkinkan seseorang bisa berkiprah maksimal di bidangnya. Pendidikan yang baik harapannya juga menghasilkan kualitas peran dan fungsi terbaik. ‘’Bekal pendidikan telah saya rasakan manfaatnya sejak saya masih anggota dewan.’’Mentan berharap, hadirnya para wisudawan baru IPB bisa membawa angin segar dan harapan baru. Wajah-wajah baru alumni IPB diharapkan bisa berkiprah secara nyata di dunia realitas, bisa memberi solusi atas beragam masalah, menciptakan peluang, menjawab aneka tantangan pembangunan ke depan.

 

Ketika ditanya tentang pandangannya terhadap IPB, Mentan mengungkapkan bahwa sebagai kampus hijau, IPB tentu merupakan satu lembaga pendidikan pertanian yang unggul dan berperan melahirkan SDM-SDM terbaik, melahirkan kontroibusi ilmu dan teknologi, serta kebijakan pembangunan pertanian untuk menjawab tuntutan pasar dan tantangan zaman. Faktanya, alumni IPB telah banyak berkiprah dalam pembangunan nasional. Ke depan, kita berharap para alumni semakin kokoh menjadi pelopor, pionir dan kampium di bidang apa pun.

 

Sebagai salah satu wisudawan baru, kata Dr Suswono, “saya mengajak semua alumni dan keluarga besar IPB untuk mendarmabhaktikan semua kemampuan dan peran-peran kita untuk kebaikan dan perbaikan masa depan Indonesia yang lebih baik, maju dan mencerahkan.” Ada anggapan yang berkembang bahwa alumni IPB itu ahli dalam segala hal, kecuali pertanian. ‘’Saatnya kita buktikan pandangan itu tidak benar. Kita mampu menjadi kampium dalam segala bidang, apalagi pertanian,’’ tegasnya.

 

Sebelumya, dengan judul disertasi “Strategi Peningkatan Daya Saing Organisasi Logistik Pangan Nasional: Study Kasus Bulog”, Mentan Suswono telah dinyatakan lulus sebagai Doktor Manajemen Bisnis melalui sidang terbuka di Auditorium IPB pada 3 September 2010. Dalam disertasinya, Dr. Ir. Suswono MMA secara garis besar memberikan saran kepada Bulog untuk mengembangkan kreasi nilai perusahaan dan menata segala sumberdaya yang dimiliki agar dapat melaksanakan fungsi cadangan pangan, stabilisasi harga pangan, dan penyerapan gabah petani dalam negeri secara optimal. Jika mau kreatif dan efektif mendayagunakan sumberdayanya, Mentan Suswono yakin, Bulog akan tumbuh menjadi organisasi logistik yang besar dan tangguh. ‘’Tidak saja di tingkat nasional, melainkan juga bisa kokoh sebagai lembaga di level regional Asia dan dunia.’’


Artikel Terbaru