PAMERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Tanggal : 04 July 2019, Kategori : Berita 157x


Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan pameran Teknologi Tepat Guna yang pelaksanaannya pada tanggal 18 hingga 22 Juli 2016 di Dome Balikpapan (Sport and Convention Center). Kegiatan tersebut diikuti 10 kota dan kabupaten se Kalimantan Timur.

Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP Negeri Samarinda) ikuti berpartisipasi mengelar teknologi dengan materi produk olahan hasil pertanian dalam bentuk minuman sehat seperti ; susu kedelai, sirup lidah buaya (aloe vera), dan sirup rosella, disisi lain juga memperagakan tanaman ramah lingkungan yang di budidayakan dengan sistem vertikultur dengan cara hidroponik.

Selesai acara pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna tersebut yang diresmikan oleh Waki Gubernuk Kalimantan Timur, H.M Mukmin Faisyal HP yang didamping Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau keliling arena stand pemaran.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur dengan melibatkan UPT-nya mamsing-masing membawakan materi. Sistem hidropinik yang digelar oleh SPP Negeri Samarinda menjagi icon pada dinas pertanian, walaupun di samping stand terdapat stand dari kelompok pengemar tanaman hidroponik dari Balikpapan, tetapi para pengunjung lebih cenderung mengunjungi tanam hidroponik yang di SPP Negeri Samarinda gelar. Rata-rata para pengunjung bertanya, cara pembuatan rak tanam, media tanam dan aplikasinya, serta berapa biaya pembuatannya.

 

Setelah para pengunjung agak berkurang di stand Dinas Pertanian, ada beberapa orang yang mendatangi kembali dan bertanya secara detil tentang hidroponik tersebut yang dalam hal ini disampaikan Safriadi, SP salah seorang guru SPP Negeri Samarinda yang ditunjuk untuk menginformasikan hal tersebut. Kesimpulannya ada yang pesan mintan dibuatkan dengan catatan siap pakai serta minta diantarkan ke rumah yang bersangkutan.

Di Kalimantan Timur saat ini berbudidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponi dan vertikultur  lagi digandrungi masyarak, baik kalangan bawah, menengah, maupun atas. Kalau kalangan bawah dan menengah rata mengunakan barang bekas, tetapi untuk kalangan atas mereka menginginkan yang lebih permanen.

SPP Negeri Samarinda siap membantu masyarakat yang datang dan berminat untuk berbudidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik.

 


Artikel Terbaru