PENGUKUHAN LULUSAN KE-46 TAHUN By Pandurata

Tanggal : 03 July 2019, Kategori : Berita 65x


UPTD-SPPN Samarinda Tahun Pelajaran 2013/2014 meluluskan 90 siswa-siswi dengan masing-masing Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan & Hortikultura dan Agribisnis Tanaman Perkebunan. Pada acara Pengukuhan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan & Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur ; Ir.H. Ibrahim,MP ; Kepala Pusat Pendidikan dan Sertifikasi Profesi Pertanian dari Jakarta ; Ir. Hery Suliyanto,M.Ba ; serta para orang tua lulusan, IKA SPP-SPMA Samarinda, para sesepuh SPP-SPMA Samarinda, dan undangan lainnya.

Kepala SPP Negeri Samarinda mengatakan bahwa, “Lulusan UPTD-SPP Negeri Samarinda umumnya mendapat peluang untuk bekerja di perusahaan perkebunan sawit yang ada di wilayah Kalimantan Timur dan khususnya bagi yang lulusan peringkat 1-5 mendapat peluang untuk melanjutkan pendidikan ke STPP (Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian) dengan jaminan beasiswa pendidikan hingga lulus”. Ada 6 STPP yang siap nemerima, yaitu Malang, Jogja, Bangdung, Bogor, Goa, Manukwari, tambah Kapusdikdarkasi ;”Ir. Hery Suliyanto,M.Ba.”

Sementara itu, Kepala Sekolah Pertanian Pembangunan  (SPPN) Samarinda, Ir.Hj Marfiatun,M.Si, mengatakan sekolah yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Tanaman Pangan Prov. Kaltim ini memiliki visi mencetak sumber daya manusia bidang pertanian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesional, berjiwa enterpreneurship dan berwawasan globalDiharapkan para lulusan inilah kedepan mereka yang membukan lapangan kerja dan sekaligus sebagai motivasi pemuda pengerak pembangunan pertanian pedesaan dari asal tempat mereka tinggal.

”Saya berharap semua beasiswa yang disediakan dapat dimantaafkan oleh para lulusan SPP Samarinda, sehingga ilmu yang didapat akan berguna kelak,” ujar ; Kadistan Prov.Kaltim.

Beliau juga berpesan agar para siswa yang lulus untuk melanjutkan keperguruan tinggi, sedangkan yang tidak kuliah jangan berpikir menjadi PNS tetapi jadilah pengusaha andal di bidang pertanian. "Mereka sudah memiliki ilmu berbagai ketrampilan pertanian, sehingga bisa memgembangkan ilmu pertanian dengan konsep terpadu kepada masyarakat," ujarnya. Selain itu pasca migas habis sektor pertanian akan menopang perekonomian di Kaltim, sehingga jangan ragu para orang tua untuk menyekolahan anaknya di SPP, karena selama manusia masih hidup pasti perlu makan sehingga pertanian akan terus berkembang dengan berbagai teknologi modern.

Kepala Sekolah dalam sambutannya ; “Kita berharap para lulusan dapat meningkatkan pengetahuannya dengan memanfaatkan fasilitas beasiswa yang ditawarkan oleh Pemprov Kaltim, sehingga nantinya seluruh ilmu yang didapat akan berguna bagi masyarakat sekitarnya,”

Terkait penerimaan siswa baru di SPP ada kebijakan baru pada penerimaan siswa yaitu, di utamakan Calon Siswa yang berasal dari sentra-sentra pertanian kabupaten/kota Kalimantan Timur, khususnya pedesaan, hal ini untuk mencetak generasi pertanian yang andal juga menjawab kekurangan tenaga pertanian yang saat ini semakin berkurang.


Artikel Terbaru