PRAKTIK LAPANGAN DI PT. BUDI DUTA AGROMAKMUR

Tanggal : 03 July 2019, Kategori : Berita 7x


Untuk memantapkan pengalaman belajar siswa-siswi SMK-SPP Negeri Samarinda di sekolah, maka UPTD-SPP Negeri Samarinda (SMK-SPP Negeri Samarinda) melaksanakan praktik lapangan bagi siswa-siswinya dalam kegiatan budidaya tanaman kelapa sawit pada PT.Budi Duta Agromakmur, Desa Jahab, Kec. Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pembelajaran di unit produksi ini bertujuan agar siswa memiliki jiwa dan semangat wirausaha dan mampu mengelola suatu usaha di bidang pertanian secara profesional dengan memperhatikan situasi, kondisi dan potensi wilayah.

Kegiatan ini dilaksanakan bagi siswa-siswi kelas XI yang sekaligus sebagai rangkaian kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk matapelajaran perbanyakan tanam dan budidaya tanaman tahunan.  Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut dengan membagi kelompok kerja sebanyak 3 (tiga) kelompok dengan jumlah siswa antara 12 – 15 siswa yang didampingi 1 (satu) orang guru dan 1 (satu) orang pelatih/instruktur dari pegawai PT.Budi Duta Agromakmur.

Dengan demikian pelaksanaan kegiatan praktik lapangan ini diharapkan bagi siswa-siswi bisa mempraktikan kembali di sekolah untuk matapelajaran yang berhubungan dan juga merupakan bahan motivasi untuk dilakukan kedepannya sebagai lahan usaha atau untuk membukan lapangan kerja di masyarakat, demikian harapan pihak sekolah.

Adapun harapan sekolah agar siswa akhirnya dapat ;

 

a.     Memantapkan dan mengembangkan  wawasan dan ketrampilan siswa dalam berusaha tani berorientasi agribisnis dengan dilandasi sikap mental, disiplin, kerjasama, tanggung jawab yang tinggi.

b.    Melatih siswa menyesuaikan diri dan berkomunikasi dengan masyarakat, khususnya petani agar menjadi mitra kerja yang mampu menyebarkan teknologi pertanian.

c.     Melatih siswa melakukan kegiatan di unit usaha tani yang berhasil dalam mengelola usahanya, dengan mengembangkan budidaya tanaman perkebunan.

Kalimantan Timur, untuk perkebunan kelapa sawit cukup luas baik yang dikelola BUMN/BUMD, Swasta maupun Kelompok. Sehubungan dengan itu pula kegiatan praktik lapangan ini di lokasikan pada PT. Budi Duta Agromakmur yang kebetulan bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Selama pembelajaran di lapangan para siswa-siswi mendapatkan materi antara lain ; pemilihan benih dan pembibitan, penanaman bibit, pemeliharaan dan pemanenan kepala sawit.

Semagat para siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan praktik tersebut sunguh luar biasa, sebab tanpa mengenal lelah mereka bekerja yang seakan merekalah pemilih tanam kelapa sawit tersebut. ”.......saya pengen kejar target, kata salah seorang siswa”.

Semoga akhirnya kamu bisa memiliki kebun sendiri yaaa.......... dan jadilah lulusan SMK-SPP Negeri Samarinda yang bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat lainnya.


Artikel Terbaru