SISWA PERTANIAN DIHARAP JADI E

Tanggal : 03 July 2019, Kategori : Berita 180x


Kelulusan bukanlah merupakan langkah akhir, tetapi merupakan langkah awal bagi para siswa dan siswi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimntan Timur, Ir. Ibrahim, MAP berharap lulusan Sekolah Menengah Kejuruan  Sekolah Pertanian Pembangunan (SMK-SPP) yang baru dikukuhkan kelulusannya, dapat menjadi enterpreunership dan berwawasan global.

“Saya berharap, para lulusan yang berjumlah 107 orang siswa ini mampu membangun usaha secara mandiri dan tidak terlalu berharap atau tergantung pada peluang kerja yang bukan bidangnya,” harapnya.

Masih 83.000 Ha lahan potensial yang perlu perhatian serius di wilayah kita ini dengan harapan nantinya kaltim dapat melaksanakan swasembada pangan. Kaltim yang sangat luas dan kaya akan lahan pertanian sangat membutuhkan para petani-petani modern untuk menggenjot produksi pangan dan hortikultura.

Menurutnya, saat ini peluang usaha di bidang pertanian dalam arti luas, baik perikanan, perkebunan, kehutanan dan pertanian tanaman pangan sangat terbuka lebar.

Para siswa yang telah dibekali ilmu pertanian tradisional dan modern dengan menggunakan mesin-mesin pertanian, merupakan modal yang sangat baik untuk dikembangkan dalam membangun sektor pertanian Kaltim di kemudian hari.

Apalagi, tegas Ibrahim, visi pembangunan pertanian jangka panjang di Kaltim adalah dengan menggunakan mekanisasi pertanian yaitu pembangunan pertanian, terutama pertanian tanaman pangan dengan menggunakan alat-alat pertanian modern seperti mesin bajak tanah, mesin tanam padi, mesin panen padi hingga mesin pengolah gabah menjadi beras berkualitas.

“Jangan takut dengan peluang pekerjaan. Misalnya saja, mari memulai dengan mengolah lahan kosong dan pekarangan rumah dengan tanaman cabai dan sayuran. Ini saja peluang pasarnya sangat besar di pasaran,” ujarnya mencontohkan.

Dalam pengukuhan kelulusan  siswa angkatan ke-47 tahun ajaran 2014/2015, yang bertempat di Aula SMK-SPP Jalan Thoyib Hadiwijaya Sempaja, Kamis (4/6/15), Ibrahim mengingatkan agar para siswa jangan lupa dengan jasa-jasa orang tua dan guru-guru di sekolah yang merupakan perwakilan orang tua di sekolah. Selain itu dirinya juga berpesan agar para siswa terus meningkatkan ilmu pengetahuan yang didapat selama di sekolah agar dapat terus dimanfaatkan di lingkungan sekitarnya.

“Jadikanlah diri anda sekalian sebagai pribadi yang mandiri dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Jangan berhenti belajar, karena peluang dan tantangan masih banyak. Jadilah pengusaha dan enterpreuneurship yang mandiri dan dapat menerapkan ilmu yang didapat di sekolah untuk pekerjaan dimasa depan,” harapnya.


Artikel Terbaru